4.16.2012

Warisan Peradaban Islam di Indonesia

QUESTION 10 : Patut disesalkan, meskipun berhasil mengislamkan mayoritas penduduk Indonesia, tetapi para pembawa Islam ke Indonesia tidak meninggalkan warisan peradaban yang tinggi, sebagaimana kaum Hindu dan Budha yang berhasil menjaga dan meninggalkan warisan peradaban yang tinggi dan diakui oleh dunia internasional, seperti Candi Borobudur dan Prambanan.
(A. SETUJU B. TIDAK SETUJU)

Islam tdk mewariskan kebudayaan dan peradaban materi sebagai prioritas. Islam mewariskan kebudayaan dan peradaban Ilmu, Iman dan Amal. dan hasilnya mayoritas penduduk negeri ini beragama Islam tanpa iming2 materi dan tempat ibadah yang megah dan mewah.

Bilapun harus menghitung warisan budaya materi; agama apakah dan negeri manakah yang memilki tempat ibadah jutaan banyaknya selain Islam. Tempat ibadah (Mesjid, mushola, langgar, meunasah, tajug dll) yang masih dan terus berfungsi yg menunjukkan Islam sebagai agama yang hidup, yang tidak terus mati dengan matinya tempat ibadah agama lain sebagimana borobudur dan prambanan.

Sepakat dengan komentar mbak Siti Jamilah; bahwa Borobudur dan prambanan menyisakan cipratan darah rakyat waktu itu yg membangunnya atas paksaan penguasa.

Borobudur dan prambanan yang sebelumnya sudah terpendam di dlm tanah dalam kondisi hancur bercerai-berai kembali digali oleh penjajah utk menyuburkan kembali kemusyrikan dan membuat rakyat nusantara berpaling dari Islam. Penjajah merekayasa akar sejarah bangsa indonesia yang Islam ke arah adat istiadat dan budaya pagan sebelum Islam. Sehingga lunturlah semangat jihad umat Islam yg paling ditakuti penjajah. Karena kita tahu bahwa misi kolonialisme bukan hanya gold dan glory tapi yang utama adalah GOSPEL (penyebaran injil) dan balas dendam atas kekalahan di perang SABIL (salib).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar