3.04.2009

Nasaruddin Umar kembali buat ulah..

Dirjen Bimas Islam Nasaruddin Umar sebagaimana yang dilansir oleh banyak media menyatakan bahwa Departemen Agama (Depag) sudah menyerahkan RUU Peradilan Agama Tentang Perkawinan yang membahas nikah siri, poligami dan kawin kontrak kepada Presiden SBY. Menurut Nasaruddin, sanksi akan diberlakukan bagi pihak yang mengawinkan atau yang dikawinkan secara nikah siri, poligami, maupun nikah kontrak. Nasaruddin menambahkan, nikah siri, poligami dan kawin kontrak dipidanakan karena banyak pihak yang dirugikan atas pernikahan ini.

"Yang dirugikan kebanyakan perempuannya," kata dia.

Untuk lebih memahami siapakah sebenarnya sosok Nasaruddin Umar jelas kita perlu mengetahui riwayat hidupnya. Prof. Dr. H. Nasaruddin Umar, MA, lahir di Ujung Bone, Sulawesi Selatan pada tanggal 23 Juni 1959.

Setelah tamat Madrasah Aliyah dari Pesantren As-Sa'diyah (1976), ia melanjutkan studinya pada Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Alauddin Makasar hingga memperoleh gelar Sarjana Lengkap (Drs.) pada tahun 1984. Dengan gelar sarjananya, ia dipercaya menjabat Sekretaris Universitas al-Ghazali Ujung Pandang (1984-1988). Kemudian ia hijrah ke Jakarta untuk melanjutkan studinya pada Program Pascasarjana IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Gelar Magister (1992) dan Doktor (1998) berhasil ia raih dari Perguruan Tinggi tersebut.

Dalam menyelesaikan program doktoralnya ia telah melakukan Vissting Student for Ph.D Program, di McGill University, Montreal, Canada (1993-1994). Vissiting Student for Ph.D Program, di Leiden University, Nedherlands (1994-1995). Setelah selesai ia mendapat undangan sebagai Vissiting Scholar di Shopia University, Tokyo (2001), Vissiting Scholar di SAOS, University of London (2001-2002), Vissiting Scholar di Georgetown University, Washington DC (2003-2004), dan lain-lain. Ia telah menyelesaikan 12 (dua belas) buku di antaranya; Argumen Kesetaraan Gender Perspektif Al-Quran (Paramadina, 1999). Ia juga banyak menulis artikel di beberapa media massa dan Jurnal, seperti Republika, Kompas, Jurnal Ulumul Qur'an dan lain sebagainya. Ia kini tingggal di Jln. Ampera 1/10 Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Telp/Fax: (021) 7808146, kantor; (021) 35009108, email: nasar.umar@yahoo.com

Penghargaan yang pernah didapatkan Nasaruddin Umar di antaranya: 1.Sarjana Teladan IAIN Alauddin Ujung Pandang (1984), Doktor Terbaik IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta (1999), Penghargaan Karya Satya dari Presiden RI (2001), International Human Resources Development Program (IHRDP), International Best Leadership Award (IBLA) 2002, International Human Resources Development Program (IHRDP), Asean Best Executive Award (IBLA) 2002, Pin Emas dari President Megawati Soekarnoputri, sebagai penulis terbaik Program KB pada Hari Keluarga Nasional (Harganas) IX dari TP PKK Pusat 2002.

Pekerjaan: Antara lain Sekjen Lembaga Studi Ilmu-Ilmu Kemasyarakatan (LSIK), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1992-sekarang. Pembantu Rektor IV IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1998- 2000. Pembantu Rektor III IAIN Sarif Hidayatullah Jakarta, 2000-2002. Staf Pengajar Program Pascasarjana, IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1997-sekarang. Staf Pengajar FISIP Universitas Indonesia, 1996. Staf Pengajar Program Pascasarjana Universitas Paramadina Mulya. Staf Pengajar Program Pascasarjana Universitas Indonesia. Anggota Majlis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta, 2000-2004. Pendiri dan anggota Masyarakat Dialog antar Umat Beragama (Interfaith) 1993-2004. Katib Am PB NU (2003-2008). Anggota The UK-Indonesia Advisory Team, yang didirikan PM Tony Blair dan Presiden SBY (2005-2008). Guru Besar bidang Tafsir Al Qur'an pada Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Januari 2002. Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam, Departemen Agama.

Karya Tulis dan Buku: Antara lain Major Themes of the Qur'an, Written Lectures, Jakarta: Paramadina Foundation, 1994. Anthropology of Jilbab (Female Headgear) From the Feminism Perspective Islamic Interpretation, Jakarta: Paramadina Foundation (1995). Pengantar Ilmu Qur'an, Jakarta: Baitul Qur'an, 1996. Qodrat Wanita dalam Islam, PT Fikahati Aneska, Jakarta, 2000. Paradigma Baru Teology Wanita Islam, PT. Fikahati Utama, 2000. Bias gender dalam penafsiran Al Qur'an, PT. Fikahati Utama, 2000. Theology of Menstruation .

Dari biografinya di atas tidak syak lagi bahwa Nasaruddin Umar adalah agen liberalisme Islam di Indonesia. Untuk ukuran Indonesia bisa dikatakan Nasaruddin Umar adalah Mbah-nya kalangan feminis yang berhasil menyusup atau disusupkan ke Departemen Agama untuk menggoalkan berbagai agenda liberalisme, satu diantaranya penghapusan syariat poligami. Padahal menurut penuturan beberapa pihak, dikabarkan Nasaruddin Umar pun telah berpoligami namun sangat dirahasiakan. Jika benar, Nasaruddin akan mendapatkan laknat dan kutukan dari anak buahnya sendiri. Beruntung tupainya masih pandai melompat.

Mari kita bicara tentang poligami saja. Membosankan mungkin, tapi da'wah memang memerlukan kesabaran yang ekstra. Menurut Nasaruddin Umar, kondisi sosiokultural saat turunnya ayat Al-Qur'an yang mengizinkan poligami adalah setelah Perang Uhud di mana umat Islam kalah dan populasi laki-laki dan perempuan tidak imbang. Berdasarkan studi-studi yang ada, poligami pada umumnya membawa kesengsaraan pada umat, negara, dan bangsa, ujar Nasaruddin (Kompas, Rabu 6 Desember 2006, halaman 15).

Perkataan orang yang suka mengajar tasawuf dan selama ini berkecimpung di UIN (Universitas Islam Negeri, dahulu IAIN) Jakarta serta perguruan tinggi Islam lainnya dan di NU (Nahdlatul Ulama) ini benar-benar pura-pura tidak tahu tentang ilmu Al-Quran. Padahal dia memimpin pula perguruan tinggi khusus ilmu Al-Qur'an yang dulu namanya PTIQ (Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur'an). Dia menyembunyikan kaidah yang masyhur, al-'ibrotu bi'umuumil lafdhi laa bikhushushish sabab (isi pesan itu ada pada umumnya lafal, bukan pada sebab yang khusus). Jadi, seandainya klaim Nasaruddin Umar itu betul pun (ini masih perlu diuji), tetap tidak menghalangi kebolehan poligami.

Masalah lain lagi, ungkapan yang meninggi dengan dalih studi-studi, yang dia klaim bahwa poligami pada umumnya membawa kesengsaraan pada umat, negara, dan bangsa itu pun (misalnya benar) tidak akan bisa menggugurkan bolehnya poligami. Sebab apa?

Pertama, syari'at itu semuanya bermashlahat, tidak ada yang madhorot. Dalilnya:
'Kami tidak menurunkan Al-Qur'an ini kepadamu agar kamu celaka.' (QS Thaahaa/ 16: 2).
'Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.' (QS Al-Anbiya': 107).

Ini firman Allah swt. Pernyataan Nasaruddin Umar bertentangan dengan ayat itu. Siapa yang dusta, kalau begitu?

Kedua, poligami itu hak yang diberikan oleh Allah swt kepada hambanya laki-laki. Pemberian hak itu lewat firman-Nya:
'Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu sekalian takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.' (QS An-Nisaa': 3).

Imam Ibnu Katsir menjelaskan: 'Firman-Nya: dua, tiga atau empat, artinya nikahilah wanita-wanita 'selain wanita-wanita yatim' yang kamu maui, apabila seseorang dari kamu mau dua wanita, dan bila mau tiga, dan bila mau empat.'

Firman Allah swt: 'Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap perempuan yatim, maka kawinilah wanita-wanita yang kamu senangi' menurut Kitab Manahilul 'Irfan, samarnya maksud yang ada dalam ayat ini karena berbentuk ringkas. Bentuk kalimat yang lugas adalah; 'Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (selain mereka yang yatim itu) yang kamu senangi.'

Artinya, kamu apabila merasa keberatan beristerikan anak-anak yatim karena khawatir akan mendhalimi mereka, maka di hadapanmu ada wanita-wanita lain, maka nikahilah mereka yang kamu senangi bagimu. Dan dikatakan, sesungguhnya kaum dahulu merasa keberatan (takut dhalim) dalam mengasuh anak-anak yatim, dan tidak merasa keberatan untuk berzina, maka Allah menurunkan ayat, dan maknanya, kalau kamu khawatir dhalim mengenai hak anak-anak yatim lalu takut pula zina dan kamu menggantinya dengan pernikahan yang diberi kelonggaran Allah atasmu, maka nikahilah wanita-wanita yang kamu senangi: dua, atau tiga, atau empat. (Manahilul 'Irfan, juz 2 halaman 200).

Jadi, hak berpoligami itu jelas dari Allah swt. Siapakah makhluk ini yang berhak untuk menghapus pemberian hak dari Allah swt itu? Pemberian hak dari seseorang kepada lainnya saja tidak ada orang lain yang bisa membatalkannya, kecuali ada hal-hal yang tidak sah, misalnya memberikan sesuatu yang bukan haknya. Apakah Allah dianggap tidak berhak memberikannya?

1. Hak lelaki untuk berpoligami adalah pemberian dari Allah swt. Ketika hak itu diperoleh dari Allah swt, dan sebagai hamba tinggal menerima, apakah ada yang berhak untuk melarangnya? Ketika melarangnya, berarti berhadapan dengan Yang memberi hak (yaitu Allah swt) dan yang diberi hak, yaitu lelaki Muslim. Di manakah tempatnya kalau sudah melanggar hak Allah dan hak muslim?

2. Wanita muslimah (dan ahli kitab yang muhshonat) punya hak untuk dipoligami. Hak itu langsung diberikan oleh Allah swt dalam Surat An-Nisa' ayat 3 tadi. Ketika ada yang ingin membredel hak wanita tentang bolehnya dipoligami ini, berarti pelarangnya itu berhadapan dengan para wanita muslimah sebagai pemegang mandat hak, dan Allah swt pemberi hak. Lantas tempatnya di manakah orang-orang yang berani membredel hak para muslimah dan hak Allah itu?

3. Hak tentang memiliki wanita yang dinikahi adalah hak yang dibela sampai mati. Dalam masyarakat Jawa misalnya, ada perkataan Sadumuk batuk sanyari bumi (seraut wajah dan sejengkal tanah). Isteri dan tanah (harta) adalah nomor satu dalam hal hak yang dibela oleh pemiliknya. Sehingga dalam perkataan itu sadumuk batuk yang artinya hanya secolekan jidat (isteri), itupun dibela sampai mati, karena membela hak. Lantas, bagaimana jadinya kalau yang dilanggar itu nilainya bukan sekadar secolek jidat, namun sangat lebih luas cakupannya?

Walhasil, orang-orang yang mau membredel atau melarang atau mencegah poligami dengan cara apapun, sebenarnya hanyalah orang-orang yang memusuhi Allah swt dan hamba-hambanya, Muslimin dan Muslimat. Terlalu amat berani. Menghadapi 3 pihak, dan yang satunya adalah Allah swt. Betapa malangnya orang-orang seperti ini. Mungkin lebih sangat-sangat jauh dibenci ketimbang orang yang jelas sangat dibenci Allah swt yaitu melarat tapi sombong. Dari segi harta, pemerintahan Indonesia itu banyak sekali utangnya, sedang dari segi moral mereka sombong, yaitu merendahkan manusia dan menolak kebenaran.

Zaman dulu Fir'aun telah mengomandoi penyembelihan bayi-bayi lelaki. Orang jahiliyah telah menciptakan adat penguburan hidup-hidup bayi-bayi perempuan. Sekarang, orang-orang dalam posisi memimpin negeri melarat tapi sombong sedang mau mengukir sejarah hitamnya, membunuh aturan bolehnya poligami.

Di balik itu, mereka bungkam mengenai banyaknya perzinaan. Dalam kasus ini, perzinaan yang sangat memalukan, didiamkan. As-sukut, 'alamatur ridho, diam itu pertanda rela. Orang yang diam ketika melihat kemaksiatan itu istilahnya syetan bisu (syaithon akhros). Ibnul Qoyyim berkata:
'Orang yang berbicara dengan kebatilan adalah syetan bicara, sedang orang yang diam dari kebenaran adalah syetan bisu.' (Al-Jawabul Kafi, juz 1 halaman 69).

Bagaimana azab, bala', bencana tidak bertubi-tubi diturunkan Allah swt bila yang mengendalikan negeri ini orang-orang yang sifatnya adalah syetan bisu masih pula menentang Allah swt dan melanggar hak muslimin muslimat?

Terjadinya banyak kumpul kebo, perzinaan di mana-mana, para pelakunya di akhirat bisa berkilah, tanpa mengurangi dosa pelaku. Kilah mereka, karena dilarang (dihalangi) berpoligami. Akibatnya, entah berapa ribu bahkan berapa juta manusia yang berzina, akan melemparkan dosa kepada pembuat aturan tak keruan yang melarang (menghalangi) poligami dan bertentangan dengan aturan Allah swt, tanpa mengurangi dosa-dosa pelakunya.

Ditambah dosa jutaan pelaku aborsi setiap tahunnya ditambah pula dosa ratusan wanita pelaku aborsi yang tewas setiap tahunnya. Kalau itu diwarisi sampai generasi mendatang, maka betapa banyaknya tumpukan dosa yang dihimpun sebagai celengan oleh para pembuat aturan itu. Ngeri. Bagaimana memikul dosa itu di akherat kelak.

Sehingga balasan apakah yang kelak akan ditimpakan kepada mereka yang menggerakkan Anti Poligami dan Pro Kumpul Kebo itu? Hanyalah sejarah hitam mereka yang akan dipertanggung jawabkan di akherat kelak, bila mereka sampai sekarat belum sempat bertaubat. Sadarilah wahai para manusia yang sedang lupa.

Poligami yes, zina no!
Poligami telah ada sebelum Islam namun ia berjalan tanpa adanya batasan dan aturan di dalamnya sehingga sering kali terjadi kezhaliman terhadap kaum wanitanya. Kemudian Islam datang dengan syariatnya yang hanif mengatur permasalahan ini dengan memberikan batasan dan persyaratan.

Poligami di dalam Islam bukanlah suatu kewajiban atau disunnahkan akan tetapi dibolehkan sebagai sebuah jalan keluar dalam pembentukan suatu masyarakat yang baik dan mulia. Dibolehkan bagi seorang suami untuk menikah dengan lebih dari seorang wanita namun tetap dengan persyaratan mampu berlaku adil terhadap semua istrinya dalam urusan nafkah dan tempat tinggal.

Namun poligami ini dilarang terhadap seorang laki-laki yang tidak mampu berlaku adil terhadap istri-istrinya dikarenakan adanya pengabaian hak-hak dari mereka terhadapnya. Untuk itu hendaknya seorang laki-laki yang ingin berpoligami betul-betul mempertimbangkan segala sesuatunya sehingga tujuan dari poligami dapat tercapai.
Diantara faktor-faktor yang menjadi pertimbangan Islam terhadap dibolehkannya poligami :

1. Seringnya peperangan di dalam sebuah negara Islam mengakibatkan banyaknya janda dari para syuhada. Untuk itu perlu adanya satu badan yang memberikan perhatian kepada mereka dan jalan keluar bagi mereka dengan cara yang terbaik sehingga mereka tidak selamanya berada dalam kesedihan akan kematian suaminya padahal bisa jadi ia masih produktif dan bisa memberikan generasi dan memperbanyak keturunan buat umat.

2. Adakalanya populasi kaum wanita lebih banyak dari populasi kaum prianya.

3. Kesanggupan kaum pria untuk berketurunan adalah lebih besar daripada kaum wanitanya. Hal itu dikarenakan kaum pria memiliki kesiapan seksual sejak baligh sampai usia tua yang hal ini berbeda dengan kaum wanita. Ia memiliki masa haidh, nifas dan kesanggupannya untuk hamil dan melahirkan berakhir sekitar usia 45 sd 50 tahun.

4. Terkadang seorang istri mengalami kemandulan atau menderita sakit yang tidak ada harapan untuk sembuh padahal mereka tetap ingin melanjutkan hubungan suami istri dan suami ingin mempunyai keturunan.

5. Adakalanya seorang laki-laki mempunyai dorongan seks yang lebih besar disebabkan kondisi tubuh dan nafsunya dan ia merasa tidak puas dengan seorang istri saja. (disarikan dari Fiqhus Sunnah)

Seorang laki-laki yang ingin berpoligami hendaknya mempertimbangkan kelima faktor di atas selain juga kesiapan dan kemampuan dirinya untuk melakukannya.

Tentang penolakan seorang istri terhadap suaminya yang ingin berpoligami perlu kiranya ia melihatnya secara utuh dalam permasalahan ini karena saya masih berkeyakinan bahwa seorang muslimah jika mau bertanya kepada hati kecilnya maka pasti ia tidak akan menentang segala aturan syariat yang telah ditetapkan oleh Allah swt.

Hanya saja yang biasanya menjadikan seorang istri (muslimah) tampak lahiriyahnya menolak poligami adalah masalah kecemburuan dan hal ini merupakan tabiat yang diberikan Allah kepada setiap wanita, dan ini pun pernah terjadi dalam diri Aisyah, ummul mukminin.

Anggapan bahwa seorang istri yang mengizinkan suaminya berpoligami adalah ciri wanita sholehah'wallahu a'lam'mungkin dikarenakan bahwa seorang wanita sholehah adalah yang memiliki sifat sabar, tetap mentaati suaminya dan berbuat baik kepadanya walaupun ia telah berpoligami dengan wanita lain.

Manakala sifat-sifat ini ada di dalam diri seorang istri terhadap suaminya yang telah berpoligami dengan wanita lain maka pahala yang besar telah disiapkan Allah swt baginya, sebagaimana disebutkan di dalam dalil-dalil berikut :

'Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.' (QS. Az Zumar : 10)

'Sesungguhnya barang siapa yang bertakwa dan bersabar, Maka Sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik" (QS. Yusuf : 90)

'tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula).' (QS. Ar Rohman : 60)

Di dalam sebuah hadits Rasulullah saw bersabda,'Apabila seorang wanita melakukan sholat lima waktu, berpuasa sebulan (Ramadhan), menjaga kemaluannya dan mentaati suaminya maka akan dikatakan kepadanya,'masuklah surga dari pintu mana saja yang kamu sukai.' (HR. Ibnu Majah)

Di dalam hadits lainnya disebutkan,'Tidaklah seorang muslim yang ditimpa kesulitan, sakit, kesedihan, luka, kesempitan hati hingga duri yang menusuknya kecuali Allah swt akan menghapuskan kesalahannya.' (HR. Bukhori Muslim)

Suatu hal yang patut disayangkan pada saat ini. Wahyu yang sudah semestinya hamba tunduk untuk mengikutinya, malah ditolak begitu saja. Padahal wahyu adalah ruh, cahaya, dan penopang kehidupan alam semesta. Apa yang terjadi jika wahyu ilahi ini ditolak?!

Wahyu Adalah Ruh
Allah ta'ala menyebut wahyu-Nya dengan ruh. Apabila ruh tersebut hilang, maka kehidupan juga akan hilang. Allah Ta'ala berfirman yang artinya, 'Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu ruh (wahyu) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al Qur'an itu nur (cahaya), yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami.' (QS. Asy Syuro: 52). Dalam ayat ini disebutkan kata 'ruh dan nur'. Di mana ruh adalah kehidupan dan nur adalah cahaya. (Majmu' Fatawa Ibnu Taimiyah)

Kebahagiaan Hanya Akan Diraih Dengan Mengikuti Wahyu
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah -semoga Allah merahmati beliau- mengatakan, 'Kebutuhan hamba terhadap risalah (wahyu) lebih besar daripada kebutuhan pasien kepada dokter. Apabila suatu penyakit yang tidak dapat disembuhkan kecuali dengan dokter tersebut ditangguhkan, tentu seorang pasien bisa kehilangan jiwanya. Adapun jika seorang hamba tidak memperoleh cahaya dan pelita wahyu, maka hatinya pasti akan mati dan kehidupannya tidak akan kembali selamanya. Atau dia akan mendapatkan penderitaan yang penuh dengan kesengsaraan dan tidak merasakan kebahagiaan selamanya.

Maka tidak ada keberuntungan kecuali dengan mengikuti Rasul (wahyu yang beliau bawa dari Al Qur'an dan As Sunnah, pen). Allah menegaskan hanya orang yang mengikuti Rasul -yaitu orang mu'min dan orang yang menolongnya- yang akan mendapatkan keberuntungan, sebagaimana firman-Nya yang artinya,'Maka orang-orang yang beriman kepadanya. memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al Quran), mereka itulah orang-orang yang beruntung.' (QS. Al A'raf: 157) (Majmu' Fatawa Ibnu Taimiyah)

Poligami, Wahyu Ilahi yang Ditolak
Poligami senantiasa menjadi perdebatan yang sangat sengit di tengah kaum muslimin dan sampai terjadi penolakan terhadap hukum poligami itu sendiri. Dan yang menolaknya bukanlah tokoh yang tidak mengerti agama, bahkan mereka adalah tokoh-tokoh yang dikatakan sebagai cendekiawan muslim. Lalu bagaimana sebenarnya hukum poligami itu sendiri? Marilah kita kembalikan perselisihan ini kepada Al Qur'an dan As Sunnah.

Allah Ta'ala telah menyebutkan hukum poligami ini melalui wahyu-Nya yang suci, yang patut setiap orang yang mengaku muslim tunduk pada wahyu tersebut. Allah Ta'ala berfirman yang artinya,'Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.' (QS. An Nisa': 3).

Poligami juga tersirat dari perkataan Anas bin Malik, beliau berkata,'Sungguh Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah menggilir istri-istrinya dalam satu malam, dan ketika itu beliau memiliki sembilan isteri.' (HR. Bukhari). Ibnu Katsir -semoga Allah merahmati beliau- mengatakan, 'Nikahilah wanita yang kalian suka selain wanita yang yatim tersebut. Jika kalian ingin, maka nikahilah dua, atau tiga atau jika kalian ingin lagi boleh menikahi empat wanita.' (Shohih Tafsir Ibnu Katsir). Syaikh Nashir As Sa'di -semoga Allah merahmati beliau- mengatakan, 'Poligami ini dibolehkan karena terkadang seorang pria kebutuhan biologisnya belum terpenuhi bila dengan hanya satu istri (karena seringnya istri berhalangan melayani suaminya seperti tatkala haidh, pen).

Maka Allah membolehkan untuk memiliki lebih dari satu istri dan dibatasi dengan empat istri. Dibatasi demikian karena biasanya setiap orang sudah merasa cukup dengan empat istri, dan jarang sekali yang belum merasa puas dengan yang demikian. Dan poligami ini diperbolehkan baginya jika dia yakin tidak berbuat aniaya dan kezaliman (dalam hal pembagian giliran dan nafkah, pen) serta yakin dapat menunaikan hak-hak istri. (Taisirul Karimir Rohman)
Imam Syafi'i mengatakan bahwa tidak boleh memperistri lebih dari empat wanita sekaligus merupakan ijma' (konsensus) para ulama, dan yang menyelisihinya adalah sekelompok orang Syi'ah. Memiliki istri lebih dari empat hanya merupakan kekhususan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. (Lihat Shohih Tafsir Ibnu Katsir). Maka dari penjelasan ini, jelaslah bahwa poligami memiliki ketetapan hukum dalam Al Qur'an dan As Sunnah yang seharusnya setiap orang tunduk pada wahyu tersebut.

Tidak Mau Poligami, Janganlah Menolak Wahyu Ilahi
Jadi sebenarnya poligami sifatnya tidaklah memaksa. Kalau pun seorang wanita tidak mau di madu atau seorang lelaki tidak mau berpoligami tidak ada masalah. Dan hal ini tidak perlu diikuti dengan menolak hukum poligami (menggugat hukum poligami). Seakan-akan ingin menjadi pahlawan bagi wanita, kemudian mati-matian untuk menolak konsep poligami. Di antara mereka mengatakan bahwa poligami adalah sumber kesengsaraan dan kehinaan wanita. Poligami juga dianggap sebagai biang keladi rumah tangga yang berantakan. Dan berbagai alasan lainnya yang muncul di tengah masyarakat saat ini sehingga dianggap cukup jadi alasan agar poligami di negeri ini dilarang.

Hikmah Wahyu Ilahi
Setiap wahyu yang diturunkan oleh pembuat syariat pasti memiliki hikmah dan manfaat yang besar. Begitu juga dibolehkannya poligami oleh Allah, pasti memiliki hikmah dan manfaat yang besar baik bagi individu, masyarakat dan umat Islam. Di antaranya: (1) Dengan banyak istri akan memperbanyak jumlah kaum muslimin. (2) Bagi laki-laki, manfaat yang ada pada dirinya bisa dioptimalkan untuk memperbanyak umat ini, dan tidak mungkin optimalisasi ini terlaksana jika hanya memiliki satu istri saja. (3) Untuk kebaikan wanita, karena sebagian wanita terhalang untuk menikah dan jumlah laki-laki itu lebih sedikit dibanding wanita, sehingga akan banyak wanita yang tidak mendapatkan suami. (4) Dapat mengangkat kemuliaan wanita yang suaminya meninggal atau menceraikannya, dengan menikah lagi ada yang bertanggung jawab terhadap kebutuhan dia dan anak-anaknya.

Menepis Kekeliruan Pandangan Terhadap Poligami
Saat ini terdapat berbagai macam penolakan terhadap hukum Allah yang satu ini, dikomandoi oleh tokoh-tokoh Islam itu sendiri. Di antara pernyataan penolak wahyu tersebut adalah : 'Tidak mungkin para suami mampu berbuat adil di antara para isteri tatkala berpoligami, dengan dalih firman Allah yang artinya,'Jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja.' (An Nisaa': 3). Dan firman Allah yang artinya,'Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara isteri-isteri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian.' (QS. An Nisaa': 129).'

Sanggahan: Yang dimaksud dengan 'Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil' dalam ayat di atas adalah kamu sekali-kali tidak dapat berlaku adil dalam rasa cinta, kecondongan hati dan berhubungan intim. Karena kaum muslimin telah sepakat, bahwa menyamakan yang demikian kepada para istri sangatlah tidak mungkin dan ini di luar kemampuan manusia, kecuali jika Allah menghendakinya. Dan telah diketahui bersama bahwa Ibunda kita, Aisyah radhiyallahu 'anha lebih dicintai Rasulullah daripada istri beliau yang lain. Adapun hal-hal yang bersifat lahiriah seperti tempat tinggal, uang belanja dan waktu bermalam, maka wajib bagi seorang suami yang mempunyai istri lebih dari satu untuk berbuat adil. Hal ini sebagaimana pendapat Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, Imam Nawawi, dan Ibnu Hajar.

Ada juga di antara tokoh tersebut yang menyatakan bahwa poligami akan mengancam mahligai rumah tangga (sering timbul percekcokan). Sanggahan: Perselisihan yang muncul di antara para istri merupakan sesuatu yang wajar, karena rasa cemburu adalah tabiat mereka. Untuk mengatasi hal ini, tergantung dari para suami untuk mengatur urusan rumah tangganya, keadilan terhadap istri-istrinya, dan rasa tanggung jawabnya terhadap keluarga, juga tawakkal kepada Allah. Dan kenyataannya dalam kehidupan rumah tangga dengan satu istri (monogami) juga sering terjadi pertengkaran/percekcokan dan bahkan lebih. Jadi, ini bukanlah alasan untuk menolak poligami.

Apa yang Terjadi Jika Wahyu Ilahi Ditolak ?
Mari kita renungkan perkataan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berikut ini, apa yang terjadi jika wahyu ilahi yang suci itu ditentang.

Allah telah banyak mengisahkan di dalam al-Qur'an kepada kita tentang umat-umat yang mendustakan para Rasul. Mereka ditimpa berbagai macam bencana dan masih nampak bekas-bekas dari negeri-negeri mereka sebagai pelajaran bagi umat-umat sesudahnya. Mereka dirubah bentuknya menjadi kera dan babi disebabkan menyelisihi Rasul mereka. Ada juga yang terbenam dalam tanah, dihujani batu dari langit, ditenggelamkan di laut, ditimpa petir dan disiksa dengan berbagai siksaan lainnya. Semua ini disebabkan karena mereka menyelisihi para Rasul, menentang wahyu yang mereka bawa, dan mengambil penolong-penolong selain Allah.

Allah menyebutkan seperti ini dalam surat Asy Syu'ara mulai dari kisah Musa, Ibrahim, Nuh, kaum 'Aad, Tsamud, Luth, dan Syu'aib. Allah menyebut pada setiap Nabi tentang kebinasaan orang yang menyelisihi mereka dan keselamatan bagi para Rasul dan pengikut mereka. Kemudian Allah menutup kisah tersebut dengan firman-Nya yang artinya,'Maka mereka ditimpa azab. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat bukti yang nyata, dan adalah kebanyakan mereka tidak beriman. Dan Sesungguhnya Tuhanmu benar-benar dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang.' (QS. Asy Syu'ara: 158-159). Allah mengakhiri kisah tersebut dengan dua asma' (nama) -Nya yang agung dan dari kedua nama itu akan menunjukkan sifat-Nya. Kedua nama tersebut adalah Al 'Aziz dan Ar Rohim (Maha Perkasa dan Maha Penyayang). Yaitu Allah akan membinasakan musuh-Nya dengan 'izzah/keperkasaan-Nya. Dan Allah akan menyelamatkan rasul dan pengikutnya dengan rahmat/kasih sayang-Nya. (Diringkas dari Majmu' Fatawa Ibnu Taimiyah).Muslimah.or.id

Tamparan untuk Nasaruddin Umar
Lembaga fatwa Mesir menegaskan, poligami adalah hal yang dibolehkan 3 agama samawi dan bisa dijadikan jalan keluar bagi Barat.

Hidayatullah.com-Berita ini boleh jadi membuat merah telinga kaum feminis dan penganut Barat. Belum lama ini, Dar Ifta Al Mishriyah, lembaga fatwa tertinggi di Mesir mempublikasikan hasil kajian terbarunya mengenai masalah poligami.

Dar Ifta dalam pernyataannya menyebutkan bahwa poligami disepakati kebolehannya oleh tiga agama samawi. Islam, Kristen dan Yahudi. Disamping itu, lembaga ini mengecam keras Barat dan para pengekornya di Timur yang menentang bolehnya poligami, Dar menilai bahwa mereka tidak memiliki dalil.

Poligami dalam Islam, merespon poligami yang telah diterapkan oleh bangsa Arab, Yahudi ataupun Romawi. Ini tercermin dalam hadits yang menerangkan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam memerintahkan Ghailan bin Salma At Tsaqafi yang beristri sepuluh untuk menceraikan 6 darinya, ketika ia memeluk Islam.

Menurut Dar Al Ifta, poligami dalam Islam adalah sebuah rukhsah hingga poligami sendiri bukanlah tujuan utama, karena dalam Al-Quran tidak ada seruan poligami, kecuali dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan.

Dar Ifta dalam tulisannya yang bertajuk Al Mar'ah Al Muslimah Al Muashirah ma'a Tahadhiyat Ashr Al Madiyah (Wanita Muslimah Zaman Ini dan Serangan Zaman Materialisme) itu menyatakan keherannya terhadap oriantelis Barat berserta para pengekor mereka dari Timur, yang menyerang rukhsah poligami, tapi tidak berkomentar sama sekali terhadap fenomena pelacuran, tradisi pertukaran pasangan serta perselingkuhan.

Barat Perlu Lirik Poligami
Dar Ifta juga mengecam keras Barat yang menjadikan wanita sebagai 'komoditi seksual' dan menolak poligami yang jelas syaratnya, bahkan tidak ada batasan sama sekali jumlah wanita yang 'dipoligami'.Disamping menolak poligami, Barat malah promosikan 'poligami tanpa aturan' itu, seperti perselingkuhan, prostitusi, atau pergaulan bebas yang tidak ada ikatan resmi, hingga wanita bisa dicampakkan begitu saja dari kehidupan si lelaki dan ini juga menyebabkan menularnya penyakit seksual serta meningginya kasus aborsi.

Dar Ifta memberi contah kasus yang terjadi di Amerika. Pada tahun 1980 saja di negeri itu tercatat 1.553.000 kasus aborsi, 30 % nya dilakukan oleh wanita di bawah umur 20 tahun. Ini yang tercatat, menurut petugas, dalam realita, kasus yang terjadi sebenarnya 3 kali lipat dari hasil sensus. Data tahun 1979 juga menunjukkan bahwa 74% kaum miskin dari manula adalah wanita, 85% mereka hidup sendiri tanpa ada yang memberi nafkah. Dan dari tahun 1980 hingga 1990 hampir satu juta wanita Amerika menjadi pelacur. Menurut Dar Ifta, permasalah ini bisa selesai dengan poligami yang jelas syarat-syarat dan kensekwensinya.

Nampaknya Nasaruddin cukup berhati-hati untuk tidak secara frontal menolak poligami-sekalipun isunya dia juga berpoligami-tapi dia mencari-cari berbagai kasus ketidaksuksesan poligami dengan tujuan agar masyarakat menjadi benci dan tidak mempraktekkan poligami.

Ketidaksuksesan poligami pada beberapa kasus selain tidak bisa digeneralisir, juga harus dilihat dari motif si pelaku melakukan poligami. Jika motifnya bukan atas dasar menjalankan syari'at, jelas hasilnya akan berantakan. Karena dipastikan tidak memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, sangat picik jika kasus-kasus itu dijadikan sandaran hukum untuk melarang poligami.

Jika Nasaruddin mau jujur dan adil, ia akan takjub dengan keindahan keluarga yang melakukan poligami atas dasar syari'at yang suci. menurut hemat saya, dalam membedakan mana yang pokok dan mana yang cabang, mana yang prinsip dan mana yang teknis lebih bijak Nasaruddin Hoja daripada Nasaruddin Umar. (Disusun dari berbagai sumber)

83 komentar:

  1. Apa iya Nasaruddin Umar juga berpoligami? Dirahasiakan karena dianggap tidak halal begitu. Penderitaan perempuan di luar rumah tangga yang berpoligami misalnya, jauh lebih besar misalnya kasus2 abortus, fisik dan mental menyakiti perempuan. Kok bisa2nya ada yang menolak poligami. Memang sesama perempuan memang suka saling melecehkan, dan lelaki mengambil manfaat, misalnya untuk kelangsungan jabatan dan kekayaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahasan BARU!

      IMAM MAHDI 2015???...
      saya untuk menulis artikel sanggahan. Artikel itu akan saya beri judul: SATRIO (PININGIT) IMAM MAHDI MUNCUL 2015? (Tanggapan Kritis Terhadap Jaber Bolushi).
      Saya tetap menggunakan kata Satrio (Piningit) untuk menggambarkan sosok IMAM AL MAHDI sebab menurut logika dan keyakinan saya SATRIO dapat kita lihat namun PININGIT (bersembunyi) di dalam diri Satrio dan tidak mungkin dapat terlihat. Seperti halnya dengan Imam Mahdi, sebagai Imam (pemimpin) kita dapat melihatnya, akan tetapi Mahdi-nya tetap saja piningit (bersembunyi) di dalam diri Imam. Mahdi inilah yang berkaitan dan berhubungan langsung, erat, dan tidak terpisahkan dengan Messiah (Isa Almasih atau Yesus Kristus).
      Artikel Cakra Ningrat akan diposting di blog SPTM. Dipersembahkan secara spesial dan khusus buat warga setia blog ini.
      Wassalam,
      Cakra Ningrat
      http://satriopiningitmuncul.wordpress.com/2014/02/15/satria-piningit-presiden-ke-7-adalah-joko-lelono/comment-page-1/#comment-1027

      Hapus
    2. Assalamualaikum senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini. barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan. Beberapa waktu yang lalu perusaan percetakan saya dirundung hutang yang cukup besar. Hal itu di akibatkan melonjaknya harga kertas dan tenaga upah yang harus saya bayar kepada para karyawan saya. Sementara itu beberapa tender yang nilainya cukup besar gagal saya menangkan. Akibatnya saya harus menjaminkan mobil saya saya untuk meminjam hutang dari bank. Namun hal itu belum cukup menutup devisit perusaan. Bahkan pada akhirnya rumah beserta isinya sempat saya jaminkan pula untuk menutup semua beban hutang yang sedang dilanda perusaan. Masalah yang begitu berat bukan mendapat support dari istri justru malah membuat saya bersedih bahkan sikapnya sesekali menunjukan rasa kecewa. Hal itu di sebabkan semua perhiasan yang sempat saya hadiahkan padanya turut saya gadikan. Disaat itulah saya sempat membaca beberapa situs yang bercerita tentang solusi pesugihan putih tanpa tumbal dan akhirnya saya bertemu dengan Kyai Sukmo Joyo. Kata pak Kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 5milyar dengan tumbal hewan. Tanpa pikir panjang semua petunjuk pak.kyai saya ikuti dan hanya 1 hari. Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya. Perlahan hutang-hutang saya mulai saya lunasi. Perhiasan istri saya yang sempat saya gadaikan kini saya ganti dengan yang lebih bagus dan lebih mahal harganya. Dan yang paling penting bisnis keluarga yang saya warisi tidak jadi koleps. Jika ingin seperti saya. Saya menyarankan untuk menghubungi kyai sukmo joyo di 0823.9998.5954 situsnya www.sukmo-joyo.blogspot.co.id agar di berikan arahan

      Hapus
  2. begitulah yang saya dengar dari orang yang terpercaya. Tapi maaf ya tidak bisa saya publis namanya.
    Nasaruddin umar type orang yang tidak mau berhusnud dzon terhadap agamanya saat akalnya belum mampu mencerna kebenaran agamanya itu.
    buat dia akal di atas agama, jadi agama harus mengikuti apa kata akal. sementara akal diciptakan dengan keterbatasan adapun sang Pencipta akal tiada terbatas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf anda kata orang kan bukan anda sendiri melihat dan jadi saksi
      .saya adalah kenal beliau dr 2007.sampai sekarang tau baik soal beliau.jangan bikin fitnah yg belum tentu benar.

      Hapus
    2. Mendingan anda ikut pengajian dia setiap kamis malam di sunda kelapa.dia ahli tasawuf.kalo akal di atas agama bukan tasawuf.karna saya murid beliau dr 2007

      Hapus
    3. Kenapa saya sedikit emosi dengan pernyataan ini.anda tidak tau pa nasar .saya sebagai santri dia saya tdk sudi ustad saya di jelek2 an.intropeksi dulu apakah anda sudah baik?

      Hapus
  3. alhamdulillah, syukran.. anda telah berbaik hati menyajikan profil kyai Nasaruddin Umar. jazaakumullah!
    Justru sy jadi penasaran dg profil penulis artikel di atas, kok sedemikian sinis mengomentari beliau. Sebaiknya hati-hatilah mengatasnamakan syariat. Jangan2 justru pak Nasar yg anda hujat itu jauh lebih ikhlas dari anda. Astaghfirullah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip Jangan asal menghujat, bersatulah umat beragama agar damai menyertai kita, Amien Allahumma Amien...

      Hapus
    2. saya setuju pak...

      Hapus
    3. Saya setuju yg menghujat pak nasar adalah yg syirik.dia adalah sosok yg santun .lemah lembut dan tidak sombong.dan mengajarka kebaikan 2.kita tidak boleh menebarkan kebencian .kata2 dia sangat bijak jadilah umat yg istimewa.air tuba di balas dengan air susu.bgtu dia sampaiakan.belum tentu anda sehebat .secerdas dan sebaik pa nasar

      Hapus
  4. sebaiknya anda mengadakan dialog terbuka dengan beliau, bukan dengan celaan sementara anda sendiri tidak jelas dari mana, sekolah atau tidak, belajar agama dari siapa. Dari apa yang anda tulis beserta ayat2 yg anda kutip semua hanya potongan2 saja. sementara beliau mempelajari Al Qur'an secara keseluruhan. Tahukah anda apa yg menyebabkan para teroris tega menghilangkan nyawa orang lain tanpa rasa bersalah? jawabannya karena mereka hanya mempelajari potongan2 ayat Al Qur'an tentang seruan JIHAD tanpa memperdulikan ayat2 yg lain.
    satu kalimat anda yang harus anda tarik!!! yaitu pernyataan anda bahwa beliau melakukan poligami. Itu Fitanh yg tidak mendasar. apa bisa anda buktikan??? kalau anda bisa membuktikan bahwa beliau saat ini sedang berpoligami, maka saya siap meninggalkan agama ISLAM.
    Terakhir yg perlu anda pahami. beliau tidak pernah menentang poligami, hanya aturannya saja yg diperbaharui agar orang tidak seenaknya saja berpoligami. kalau tidak ada aturan maka tukang ojek yg penghasilannya sangat minim pun boleh memiliki 4 istri!! apa itu tidak memperparah nasib perempuan dan anak2 yg dilahirkan kelak???


    Andi Awal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak mengerti dengan orang yang "membijaksanakan" kebijakan Allah SWT. Allah, dalam ayat yang membolehkan Poligami, tentu saja jauh dari bodoh atau ceroboh, sehingga ada manusia, ndak peduli berapa tinggi pendidikannya, yang merasa "authorized" untuk mengatur lagi sebuah peraturan yang jelas dari Allah? Bukankah dalam hal ini kita mesti bersikap "Sami'na wa athakna"? Tentang komentar Anda ...sementara Anda sendiri TIDAK JELAS darimana sekolah atau tidak..., Anda telah merendahkan saudara muslim lain dengan itu. Apakah ilmu hanya di dapat dari bersekolah umum atau madrasah? Apakah Umar ibn Khatab, sewaktu diangkat jadi Pemimpin dan mendapat komentar: "Saya akan meluruskan Engkau (bila menyeleweng) dengan pedang ini", terus umar bertanya: Siapa kamu? Sekolah atau tidak? Wallahua'lam. Penentu Tinggi-rendah manusia di mata Allah adalah Taqwanya, bukan pendidikan formalnya. Setelah itu Iman dan Ilmunya. Derajat Taqwa, Iman dan Ilmu yang ada pada seseorang hanya Allah yang tahu persis.

      Hapus
    2. Kayak pengacara banci yang hobinya ngomong di tweeter. Ngember sesuka hati lantaran tidak suka. Tidak suka yang keluar dari qolbu yang memang ada yang kotor di dalam qolbunya yang harus keluar. beginilah! Komentar yg ada hanyalah menunjukkan jati diri profil penulis sebenarnya. Dialog terbuka itu lebih jelas. BUKAN FITNAH hasil sepihak. Justru penulislah yang harus dibredel habis profil sebenarnya.

      Hapus
    3. Saya setuju banget pak Andi awal.dia sangat baik dan ramah.ketika beliau ceramah pasti banyak pesertanya...karna kata2 dia yg bijak dan beliau mengajarkan jangan terprovokasi .gtu dia tdk pernah mengajarkan kebencian dan da mengajarkan tidak boleh menghujad.ajaran2 beliau sesuai dengan isi Al-Quran.kalo tidak percaya silahkan datang ke masjid sunda kelapa menteng setiap hari kamis.beliau ada ceramah di sana

      Hapus
  5. @andi awal: saya cuma anak kemarin sore..tp lucu juga membaca komenta andi awal..
    pun nasarudin poligami knp adan yg repot siap keluar dari islam segala..memalukan iman anda hanya sebatas pernikahan orang..hehehe..
    yg kedua semua juga boleh poligami..tp kan ada kemampuan yg membatasi tukang ojek yg penghasilannnya minim mah susah kali bwt poligami..dia juag mikir bagaimana caranya negampanin anak istri, 4 lagi..klo komen mikir lagi lah..
    kita cermati aja..kita nilai...ga emosi..hehehe

    BalasHapus
  6. Ass Wr. Wb.
    Alfian,, sebenarnya siapa yg emosi,, siapa yg mencari kebenaran dan siapa yg mencari2 kesalahan.. saya baru saja mendengarkan ceramah jumat dari beliau,,

    "sebaiknya anda mengadakan dialog terbuka dengan beliau"..
    Wass..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan komentar anda. maaf saya terlambat komentar..!! terimakasih salam ikhlas.

      Hapus
  7. ""muslim Sejati""
    wahai segenap ummat islam sedunia marilah qita bongkar kedok kemurtadan yg ada di indonesia dan dunia
    firman:"orang yahudi dan nasrani tidak akan henti2nya menyesatkan ummat islam sehingga mereka bisa melumpuhkan islam,
    maka oleh karena itu marilah qita smua dukung untuk memberantas para kafir2 laknatullah diantaranya para anggota yg mengatas namakan dirinya FFI(faithfreedom), mereka sekarang ini telah berada di sekitar kita dan mereka telah banyak menduduki jabatan di parlemen agama, bahkan mereka ada yg menyamar jadi pembuka agama islam yg berkedok libralisme, berhati hatilah wahai saudaraku yang muslim karena mereka sangatlah licik.
    marilah qita dukung semuanya untuk memberantas kekufuran.
    diantara situs yg menyebar fitnah tentang islam adalah:
    http://indonesia.faithfreedom.org
    http://www.muhammadtube.com
    http://misi.sabda.org

    "Ya Allah Lindungilah agamamu ini berikanlah laknatmu kepada mereka yg menghncurkan agamamu"

    BalasHapus
  8. Ustadz Nasaruddin Umar telah menyatakan secara terbuka di hadapan jamaah Masjid Agung Sunda Kelapa saat berlangsung pengajian bersama beliau, bahwa beliau atau Ustadz Nasar tidak berpoligami. Oleh karena itu untuk menghilangkan prasangka dari semua kita bahwa tulisan anda adalah fitnah atau Ustadz NU berdusta atau munafik besar perlu diungkapkan pula secara terang2an masalah poligami ustadz ini.Dengan siapa beliau berpoligami? Di KUA mana pernikahan itu tercatat? Anda harus jelaskan. Tulisan ini jangan menjerumuskan pembaca kedalam prangka-prasangka. Apalagi beliau adalah tokoh Islam yang selama ini diikuti dan didengar ucapan2nya. Akibat tulisan anda di blog ini, posisi beliau saat ini menumbuhkan keraguan umat pada pimpinannya, bahkan pada Islam secara lambat laun. Tentu situasi ini amat merugikan masyarakat yang diharapkan menjadi insan kamil. Toh poligami itu dibenarkan. Seperti kata anda sendiri Ustadz NU tidak mengatakan atau secara frontal menolak poligami. Jika benar beliau berpoligami dari bukti2 yang anda utarakan bukanlah suatu yang tercela bagi beliau. Ustadz NU dapat saja meminta maaf atas dusta yang telah dibuatnya di depan jamaah MASK dan rumah tangga beliau dapat menjadi teladan umat. Jangan seperti ustadz lain AG misalnya yang akhirnya gagal berpoligami, bercerai dari istri pertama.Anda sebagai penulis juga harus sportif mengakui bahwa anda keliru di dalam blog anda, serta minta maaf pada Ustadz Nasaruddin. Tidak ada insan yang luput dari kekeliruan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul anda belum mengetahui kebenaran yang adaaaa lantas anda sudah membuat blog yang akan membuat pembaca terjerumus keprasangka-prasangka ttiidak baik

      Hapus
    2. pemikiran nasaruddin umar sangatlah liberal...tlong ditela'ah lagi,,,klw soal soal beliau berpoligami atau tidaknya, saya tidak ikut komentar...
      tapi pemikiran beliau yang liberal serta plural terhadap syari'at lah yang mesti di perangi, bgaimana ceritanya syari'at smpai di ubah-ubah...brarti dia lebih hebat apa dari rasulullah dan menyampaikan segala wahyu dari Allah...
      kalau anda belum paham, tolong ucap syahadat lagi dan belajar lagi terkait ghazwul fikri...

      Hapus
    3. @zainudin.jangan asal ngomong anda kalo beliu liberal.apakah anda tau tentang ajaran islam liberal itu bagaimana.orang liberal itu adalah orang yg mengaku islam tapi tidak menjalankan Al-Qur'an dan hadistsedangkan beliau adalah ahli tafsir .dan ajaranya sesuai Al-Qur'an dan hadist.karna saya setiap kamis ikut ceramah beliau.

      Hapus
    4. Dengar, baca dan fahami..lalu mengambil kesimpulan.

      IQRA'lah sebelum memvonis...

      satu buku belum cukup, 10 buku belum cukup 100 buku belum cukup...1000 buku pun belum cukup. karena Maha Luasnya Ilmu Allah.

      Biarlah fakta yang berbicara....

      Hapus
  9. Coba lah berdialog dengan beliau (Prof Dr Nasaruddin Umar). karena mungkin anda tidak mengetahui apa yang beliau ketahui.

    BalasHapus
  10. setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan berbeda , begitupun dengan yg namanya pengetahuan . jadi, jikalau anda semua meragukan atau menyalahkan apa yg telah dipaparkan beliau, alngkah baiknya anda mencari sendiri kebenaran yg anda anggap masih jauh dari paparan tersebut.
    dan setelah anda merasa puas dengan apa yg anda temukan , cobalah bandingkan dengan apa yg dijelaskan beliau di atas, insya ALLAH kita akan lihat siapa yg membenarkan dan siapa yg menyalahkan .

    BalasHapus
  11. Saya mengenal beliau orang yang sangat alim, wara', dan menjaga wudhu setiap saat. Tuduhan-tuduhan anda tidak berdasar

    BalasHapus
  12. Harap maklum,penulis pengen terkenal "Saudara-saudara sekalian melalui tulisan ini kita buat yang punya blog terkenal melebihi "Sinta-Jojo dg keong racunnya", semoga beliau om menjadi manusia". Aamiiin

    BalasHapus
  13. anda sudah pernah mengobrol langsung dengan Nasarudin Umar?. mengenalnya secara pribadi? antum nulis hati-hati, bisa merubah pandangan orang terhadap pribadi Nasarudin, kalo ujungnya adalah kebencian, anda melakukan hasut. anda tidak tahu kalau Nasarudin Umar sangat mencintai agamanya, melakukan ibadah malam rutin. Nasarudin Umar bicara sangat hati-hati, anda harus datang menemuinya langsung, kenali secara langsung. tentang kabar angin, kalo belum jelas sebaiknya juga tidak ditulis, tabayun dulu setidaknya ke teman dekatnya lebih dari dua. kalo berani menanyakan langsung, saya akan menghormati anda sebagai pribadi muslim yang berkualitas. kalo hanya sekelas ecek2 begini, mending tidur saja.

    BalasHapus
  14. duhai pak wildan... dengan nulis spt ini, keliatan sekali anda orang yg merasa pntar tp ......, anda spt anak sma yg bru knal islam kmdian mencela ulama yang sdh mendunia, hanya karna sempitnya pandangan anda dn minimnya pengetahuan anda. bertaubatlah mas...

    BalasHapus
  15. Syaratnya Poligami adalah Adil.
    Dari tulisan ini kesannya Pak Wildan kurang Adil, berarti belum lulus buat Poligami :)
    Salam maaf :)

    Selamat berjuang :)
    Kebesaran Tuhan lewat Islam tak mampu dikutip lewat tulisan, tapi keterbatasan pengetahuan kita terlihat lewat kata dan tulisan kita :)

    BalasHapus
  16. aduh...wahai wh, anda terlalu dini menuduh orang yang usianya dan pengalaman keilmuanwannya jauh berbeda dari anda...sayang meskipun anda menggunakan referensi-referensi fatwa-fatwa ulama, tapi etika sebagai seorang tholib sangat menyedihkan.....allohummahdihim fainnahum la ya'lamuunnnnn.....

    BalasHapus
  17. Sangat bodoh cara menilai orang lain hanya dari satu pertimbangan. banyak hal positif dari kebijakan beliau.

    BalasHapus
  18. Terimakasih masukannya all...terimakasih pula atas judgmentnya hehe.. tidak cerdas bila saya membalas hujatan dengan hujatan. tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good for you, bro. Alhamdulillah.

      Hapus
    2. Lah lu emang ga cerdas bro..cuma cari sensasi aza lewat blog klo lo punya ilmu tapi dgn menghujat orang sbg mukadimah..tanggung bro..knapa ga di infotainment aza.nazarudin umar salah apa bro smpe lu hujat..sori bro gw bukan pro nazaruddin umar tapi gw jg bukan muslim freaks yg udh merasa megang kunci surga.malu bro pasang foto *thumbs down for u bro

      Hapus
    3. Wildan anda sosok yg tidak bertanghung jawab dalam menulis blog ini.

      Hapus
    4. Wildan anda sosok yg tidak bertanghung jawab dalam menulis blog ini.

      Hapus
  19. poligami boleh, tetapi niatnya karena Allah bukan karena nafsu, rosullullah bisa melakukannya karena jalan hidupnya karena Allah bukan karena nafsu, tapi yakinkan kita, bila kita akan melakukan poligami karena Allah??? atau karena Nafsu, bukankah memperturutkan nafsu adalah kesesatan.... Inna Sholati wa nusuki wamah yaya lillahi rabbil'alamin

    BalasHapus
  20. Saudaraku seiman seakidah dalam islam, belajarlah lebih dalam lagi, mungkin pemahaman dan pengamalan islam kita masih ada yang perlu diperbaiki, karena hujat menghujat apalagi menyebar issu yang belum tentu benar terhadap sesama muslim secara terbuka seperti ini rasanya hanya akan menguntungkan musuh islam yang sesungguhnya. perbedaan pemahaman tidak seharusnya membuat kita saling menghujat dan saling mengkaliam sebagai yang paling benar. wallahu a'lam

    BalasHapus
  21. mas wildan... saya adalah orang yang cukup dekat dengan beliau. saya cukup intens berdialog dengan beliau di rumah pribadinya di daerah Ampera Jak-Sel. Sejauh pengamatan dan dialog saya dengan beliau, Prof. Nasaruddin jauh dari yg anda tuduhkan. apa yang anda tulis hanya fitnah tidak berdasar yang saya yakin kalau anda pasti blm pernah tabayyun dengan beliau. mungkin anda tidak sadar bahwa apa yang anda tulis di sini adalah sebuah "pembunuhan karakter" yang bisa jadi anda dituntut dan dibawa ke meja hijau. Nah..sebelum beliau membaca blog anda ini, atau beliau tahu dr orang lain, termasuk saya, lebih baik dan bijak kalau anda mengklarifikasi semua yang anda tuduhkan kepada pembaca.

    BalasHapus
  22. Pak Wildan, tolong lebih berhati-hati lagi untuk berargumen. Ayat-ayat Allah (dalil naqli) yang Anda sebutkan diatas tidak boleh dipahami secara sepotong-sepotong. Bisa gawat kalau agama kita dipahami sepotong-sepotong seperti pemahaman Anda ini. Contohnya, kalau kita mengikuti argumen Anda, maka alkohol jadi halal? (karena ada dalil yang membolehkan alkohol asal diminum diluar solat). Engga kan? Ini karena ada ayat berikutnya yang turun setelahnya, yang mengharamkan khamr dalam segala situasi.

    Menurut saya pendapat Prof. Nasarudin itu benar. Mengapa? karena dalam Islam ada prinsip "maslahah ammah" (kepentingan umat/bersama) dan "maqasid al-Syariah" (tujuan diturunkannya Syariah itu sendiri). Anda bisa cari di ilmu Fiqih baik yang klasik maupun modern. Dan sahabat2 Rasulullah SAW yang dekat dengan beliau sangat memahami konsep. Umar bin Khattab RA, contohnya, menerapkan zakah atas kuda walaupun Rasulullah tidak menerapkannya. Umar juga menghapuskan hukuman potong tangan untuk pencuri di saat terjadi paceklik / bencana kelaparan, padahal Rasulullah jelas2 menerapkan hukum potong untuk pencuri. Kenapa? Karena Umar benar2 mengerti dan memahami Islam secara menyeluruh, tidak sepotong-sepotong! Apakah Anda berani mengatakan bahwa pemahaman Islam Anda lebih baik daripada Umar? Anda mungkin belajar Islam dari ulama dan buku2, tapi Umar belajar Islam dari Rasulullah secara langsung dan Umar memahami bahwa Syariah harus dipahami secara menyeluruh, tidak bisa sepotong-sepotong. Dengan demikian, benar pendapat Prof. Nasarudin karena berdasarkan "maslahah ammah" dan "maqasid al-Syariah" praktek poligami pada saat ini lebih banyak mudaratnya daripada manfaatnya. Ulama bisa berijtihad untuk kepentingan umat, dan sepanjang ribuan tahun sejarah Islam ini telah dilakukan.

    Semoga Allah membimbing kita semua, amin.

    BalasHapus
  23. Bung Wildan, mungkin akan lebih bijak...kalau sebelum membuat tulisan...dilakukan cek dan ricek sendiri...dan kalau bisa, berdikusi langsung dengan Nazarudin Umar. Perbandingannya, saya memberikan apresiasi besar kepada ust Farid Okbah saat mengkritik ESQ nya Ari Ginanjar...dimana beliau memberikan kritik nya stelah beliau sendiri mengikuti pelatihan ESQ. Jadi, argumentasi beliau bener2 otentik...karena pernah bersentuhan langsung dengan orang/hal yang dikritik, sekaligus beliau juga pernah mengingatkan secara pribadi, sebelum beliau lanjutkan dengan membuat tulisan terbuka. Sehingga keadilan informasi bisa ditegakkan (tidak menjadi fitnah)
    http://www.voa-islam.com/news/profile/2010/07/29/8714/farid-okbah'mereka-bertanggung-jawab-kepada-allah-atas-setiap-kesalahan-esq/


    Syaiful Hidayat
    Tangerang

    BalasHapus
  24. 'Mengharamkan' poligami adalah tidak boleh karena kehalalannya diatur oleh Allah SWT. Kalau saya lihat sendiri, praktik poligami (terutama oleh orang awam)...terlalu menyimpang dari syarat-syarat utama diperbolehkannya poligami, terutama masalah keadilan fisik (nafkah, giliran atau pemberian fisik lainnya). Mungkin syarat2 dasar poligami inilah...yang perlu dipublikasikan besar2an, sehingga orang awam pun yang ingin berpoligami...tahu aturan dasarnya. Kalau secara subtansi, Nazarudin Umar melakukan kesalahan dalam hal ini...mungkin bisa disampaikan secara langsung dengan berdiskusi...sehingga beliau bisa merubah isi/menarik RUU tadi

    BalasHapus
  25. Sebaiknya anda membaca buku-buku beliau, dan berdialog kalau perlu. Beliau mempelajari islam secara keseluruhan, dari berbagai aspek, sudut pandang, berbagai budaya dan di banyak negara. Saya sangat yakin, anda tidak melihat apa yang beliau lihat. Berhati-hatilah dalam berkata-kata, apalagi pernyataan "beliau berpoligami" itu bisa menjadi fitnah, dan setiap orang yang terpengaruhi dengan fitnah anda, anda akan mendapatkan ganjarannya. Sedangkan fitnah itu sendiri lebih rendah dari membunuh, wassalam.

    BalasHapus
  26. Alangkah lebih baik & bijaksana bila penulis tidak menjelek2an dan membuka aib orang lain.

    BalasHapus
  27. DAN KAMU SEKALI-KALI TIDAK AKAN DAPAT BERLAKU ADIL DIANTARA ISTRI-ISTRIMU, walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian. Karena itu janganlah kamu cenderung kepada yang kamu cintai, sehingga kamu biarkan yang lain terkatung-katung. Dan jika kamu mengadakan perbaikan dan memelihara diri dari kecurangan, maka sesungguhnya Allah maha pengampun dan maha penyayang (An Nisaa:129)

    BalasHapus
  28. An Nisaa:129 inilah yang tidak pernah di explore bagi yang demen Poligami karena kebanyakan alasan poligami org2 yg ngotot poligami adalah alasan syahwatnya. Perlu dicermati hukum poligami yg sifatnya membolehkan dg syarat tertentu bukan berarti sunah atau wajib, sementara org2 yg ngakunya tahun hukum agama dengan bangganya mempromosikan poligami. Renungkan!!!

    BalasHapus
  29. Assalaamu'alaikum.. Mudah2an akhi tetap berada dalam rahmat Allah. Aamiin...
    Saya yakin anda lebih pintar dari saya. sampai anda bisa membuat blog yang bagus ini. Tapi, jangan sampai pandangan anda yang luar biasa terhadap satu hal menutup pandangan anda terhadap hal lainnya. Tak perlu menghujat orang lain, suudzon itu bukan cara yang baik. Anda punya niat yang baik dengan memberi tau orang lain tentang pandangan anda terhadap prof. Nasaruddin. Saya tak kenal beliau. Tapi, beliau dengan ceramahnya mengajarkan saya tentang muhasabah diri, shalat malam, zuhud, dll. Jika nilai positif dari beliau lebih banyak diamalkan orang lain, kenapa kita harus menghujat beliau hanya karena satu nilai negatif yang belum tentu diamalkan oleh orang banyak?
    Terima kasih.

    BalasHapus
  30. Yang pasti bro...Pak Nazaruddin Umar lebih banyak ngasih pencerahan daripada elu bro... kayak lu udh pegang kunci surga aja..lu udah buat apa kmaslahatan ke ummat?kasian ya lu bro...*thumbs down

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Pernyataan Goblog Dri Nasaruddin Umar http://id.berita.yahoo.com/wamenag-1-ramadan-9-juli-agak-berbeda-di-060933442.html

    BalasHapus
  33. pernyataan anda benar wildan ...teruskan berjuang untuk kebenaran..jangan pedulikan orang-orang yang munafik

    BalasHapus
  34. anda bukan orang biasa tp kenapa anda tidak melakukan sunnah tabayun sebelum memprovokasi umat islam?

    BalasHapus
  35. Setuju, Mas Wildan.. umat ini udah terlalu banyak dirusak sama kaum liberal, kaum mujassimah wahabi-salafy, dan tasawwuf buta.

    liberal, berasa paling punya otak;
    wahabi-salafy gak pake otak;
    tasawwuf buta, koplak :D

    BalasHapus
  36. Mengkritik dengan nafsu itu tidak boleh, apalagi dengan mengatasnamakan dalil-dalil Al Qur'an,sayyidina Ali saja tidak jadi membunuh musuhnya ketika sang musuh meludahinya, padahal ujung pedangnya sudah ada dipangkal leher sang musuh,...
    untuk penulis : Anda menkritik dengan nafsu, seolah anda seorang penjahat yang bernafsu ingin membunuh,...
    mohon ma'af, jika anda sudah mendiskreditkan NU, anda berarti orang yang mesti banyak belajar lagi,....
    jangan memandang sesuatu itu dari satu sudut pandang saja, Al Qur'an itu universal, apalagi ke-universalannya,...
    syukron

    BalasHapus
  37. sangat baik untuk di baca http://media.isnet.org/islam/Quraish/Wawasan/Nikah2.html

    BalasHapus
  38. Assa;amua;aikum kang Kaatib (penulis) arikel. Menurut Saya baik buruknya sesuatu tergantung dari mana kita melihatnya. Sebaiknya Anda menulis tentang prospek ke depan ISlam dan INdonesia, bagaimana supaya dipimpin oleh orang yang tepat dan siap benar2 dalam amr ma'ruf nahyi munkar untuk kebaikan agama da negara. Itu lebih baik menurut saya dari pada menjelek2kan orang, membuka aibnya, dll. apalagi prangnya orang berilmu. kade ah,,
    Syukran..

    BalasHapus
  39. Assalamualikum, STOP berbeda pendapat poligami, karena ada yang suka perbedaan ini dan membesar-besarkan perbedaan poligami ini, mereka sangat senang muslim berbeda pendapat, ini salah satu cara membelah dan hancurkan islam. Silahkan berpoligami tapi harus ADIL, itu kebenaran-NYA, silahkan lakukan survey apakah yg berpoligami itu Adil ???

    BalasHapus
  40. saya harap kepada saudara ku seiman agar tidak mudah terpropokasi sama orang lain, su'udzon (buruk sangka) saja udah dosa, apalagi sampai memfitnah orang, menuding kafir, dan sesat sama saudara seiman dan seislam tanpa disadari dia sendiri yang sesat dan yang kafir.....ingatlah akan kematian yang setiap saat selalu mengikuti kita kemana pun kita pergi, hati-hatilah dalam menjalani hidup...jadikanlah KEMATIAN sebagai Nasihat.

    BalasHapus
  41. saya harap kepada saudara ku seiman agar tidak mudah terpropokasi sama orang lain, su'udzon (buruk sangka) saja udah dosa, apalagi sampai memfitnah orang, menuding kafir, dan sesat sama saudara seiman dan seislam tanpa disadari dia sendiri yang sesat dan yang kafir.....ingatlah akan kematian yang setiap saat selalu mengikuti kita kemana pun kita pergi, hati-hatilah dalam menjalani hidup...jadikanlah KEMATIAN sebagai Nasihat.

    BalasHapus
  42. Astagfirullah, benar pun yg anda katakan itu sdh msk kategori Ghibah apalagki klu sdh ydk benar sdh pasti anda Memfitnah saudara. Bercermin dirilah siapa anda di hadapan Sang Khalik....

    BalasHapus
  43. http://mistersigit.blogspot.com/2014/11/nasaruddin-umar-yang-saya-kenal.html?m=1
    Mengenal nasaruddin umar dari dekat

    BalasHapus
  44. http://mistersigit.blogspot.com/2014/11/nasaruddin-umar-yang-saya-kenal.html?m=1
    Mengenal nasaruddin umar dari dekat

    BalasHapus
  45. Sempurnanya iman ujian keimanan seseorang ketika jumlah orang yang membencinya sama banyaknya dengan jumlah yang mencintainya. Setelah menyimak uraian serta komentar diatas, saya makin yakin kepada guru saya prof Nasar. Semoga Allah merahmati beliau. Banyak pencerahan yang saya dapatkan dari beliau, dan tidak pernah bisa diterangkan oleh orang lain. Dan tak satupun yg bertentangan dengan syariat.

    BalasHapus
  46. Salah satu tanda kiamat sudah dekat adalah banyaknya para alim ulama yang mendapat fitnah. Orang baik dianggap munafik dan yang munafik justru dianggap paling benar.

    BalasHapus
  47. Salah satu tanda kiamat sudah dekat adalah banyaknya para alim ulama yang mendapat fitnah. Orang baik dianggap munafik dan yang munafik justru dianggap paling benar.

    BalasHapus
  48. Saya rasa niat anda untuk memurnikan syariat sangatlah baik. Akan tetapi jangan terlalu cepat menjustifikasi seseorang, apalagi seorang alim ulama. Ust. Nasaruddin Umar yg sy tahu adalah seseorang yg sangat wara' atau berhati" dalam berbicara. Mungkin beliau memiliki pertimbangan mendalam mengenai perkara ini, jangan dilihat kulit luarnya saja.
    Sama seperti fitnah kaum munafik yg mengingkari kekhalifaan Utsman Bin Affan RA bahkan sampai membunuh beliau hanya karena dianggap tidak pantas menjadi khalifah karena tidak mengikuti perang Tabuk. Padahal itu adalah perintah Rasulullah SAW sendiri untuk dia terap tinggal di rumah dan menjaga istri beliau (anak Rasulullah SAW).
    Jadikanlah kisah itu sebagai pelajaran sehingga kita lebih berhati" dalam bicara. Karena lidah dapat menuntun kita ke neraka jika disalahgunakan.

    BalasHapus
  49. Saya sarankan anda banyak beristighfar sekaligus meminta maaf pada beliau. Sesungguhnya dosa ghibah itu lebih besar dibandingkan zina. Bila zina dapat diampuni dengan memohon pada ALLAH SWT, tapi ulama sepakat bahwa ghibah selain kepada ALLAH SWT anda juga wajib meminta maaf pada orang yg dighibahkan sehingga dosa anda dapat diampuni.
    Wallahu a'lam bissawab.

    BalasHapus
  50. Mereka yang membela nasaruddin umar tidak memiliki pemahaman dasar terhadap ajaran islam, shg membela kesalahan fatal ini, inilah jika islam tidak menjadi aturan segala kehidupan dibawah daulah khilafah

    BalasHapus
  51. http://www.muslimedianews.com/2016/02/mengenal-sosok-kh-nasaruddin-umar-imam.html

    BalasHapus
  52. http://www.muslimedianews.com/2016/02/mengenal-sosok-kh-nasaruddin-umar-imam.html

    BalasHapus
  53. Anda belajar sebanyak beliau tidak? Jangan-jangan Anda yang membuat ulah...

    Nabi Muhammad justru sangat menjunjung feminimisme... bukankah Nabi Muhammad SAW yang melarang perbudakan? Dia sangat menyayangi putrinya dan menikah poligami dengan Aisyah RA karena kecerdasannya yang ditujukan untuk mengangkat derajat kaum wanita melalui pendidikan.
    Poligami Rasulullah sangat berbeda dengan poligami jaman sekarang. Saya yakin niat dan tujuan nya berbeda.

    Perhatikan juga hasbabun nuzul ayat tentang poligami itu... Bukankan di akhir ayat justru ditekankan bahwa "....akan tetapi jika kamu takut untuk berbuat adil, maka nikahilah hanya SATU"

    Baca ayat yang lengkap.
    Belajar juga yang lengkap

    jangan menggunakan ayat Alquran sebagai hal yang menjadi kambing hitam dari nafsu manusia.

    Belajar lebih dalam lagi ya... Jangan keblinger. Karena Saya raya Anda harus lebih banyak belajar banyak hal.

    BalasHapus
  54. Jangan saling hujat satu sama lain umat Islam bersatu lah..jangan suka suudzon dan fitnah...wasalam

    BalasHapus
  55. setuju sm mas wildan, liat skrg ustad nasarudin umar belain ahok

    BalasHapus
  56. MAJU terus...Sdr Wildan...Mantap

    BalasHapus
  57. Astagfirullah......mengapa anda tega menulis sekeji itu tentang beliau...dengan linangan air mata dan keharuan...saya berdoa semoga Prof. Dr. KH. Nazaruddin Umar diberikan kesehatan dan ketabahan untuk menjalankan dakwah lillahi ta'ala.
    Saya tidak memiliki hubungan keluarga dengan beliau....tetapi nasab keilmuan beliau mengalir ke adik saya yang sekarang sedang menuntut ilmu di PTIQ Jakarta. Beliau membimbing adik saya. Alhamdulillah, kami merasakan manfaatnya. Dari Lombok, kami sekeluarga berdoa untuk beliau. Beliau seorang ahlul Qur'an. Jangan hina beliau. Jangan fitnah beliau. Jangan katakan sesuatu yang belum tentu kebenarannya. Man hafara hufratan fawaqa'a fih. Barang siapa yang menggali lubang, dia sendirlah yang kan terperosok.

    BalasHapus
  58. Tadi malam justru saya sempat mendengar ceramah beliau tentang tasawuf. Sangat menyejukkan hati. Saya fikir kajian seperti ini cocok untuk kita renungkan. Memang...di era super modern sekarang ini, kajian tasawuf dan berperilaku tasawuf seolah olah bagaikan bumi dengan langit. Sepertinya sulit, bahkan mustahil. Beliau melalui pengajian tersebut, juga dengan gaya bahasa yang beliau sajikan, justru membawa keteduhan. Beliau mencoba menyajikan kajian tasawuf sebagai suatu yang mungkin (bisa jadi) masih bisa diaplikasikan dalam berbagai tataran kehidupan keduniaan dengaan berbagai perspektif yang berbeda tentunya. Maka kesolehan dan wara' bukanlah suatu yang mustahil, sementara itu merupakan bagian dari ajaran Rasulullah dan juga dicontohkan oleh para sahabat nabi yang utama. Wallahu a'lam

    BalasHapus
  59. Penulis ts diatas udah punya bini berapa ya??

    BalasHapus
  60. Makasih min biografi nya , cukup bermanfaat untuk biografinya , yg suka ngelmu Tasawuf ikuti link Whatsapp ini https://chat.whatsapp.com/IM8nFdssFKzAgPS8DzT0rL

    BalasHapus
  61. Hari yang baik,
    Nama saya Marcu Dorlca, saya dari Rumania. Saya ingin memberi kesaksian tentang pemberi pinjaman yang baik yang menunjukkan kepada saya terang setelah dia ditipu oleh dua pemberi pinjaman internasional yang berbeda di Internet, semuanya menjanjikan untuk memberi saya pinjaman setelah mereka membuat saya membayar banyak pajak dan mereka memberi saya apa-apa dan tidak memiliki hasil yang positif. Saya telah kehilangan uang hasil kerja keras saya dan totalnya (3,000 euro). Suatu hari saya menjelajah internet dengan bingung dan frustrasi, lalu saya menemukan kesaksian dari seorang Wanita yang juga ditipu dan akhirnya terikat pada kredit yang sah dan andal Mrs. Alicia Radu (aliciaradu260@gmail.com) di mana dia akhirnya mengambil pinjaman, jadi saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian saya menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya dirampok dari dua kreditor berbeda yang tidak Lebih dari memberi saya lebih banyak rasa sakit. Saya menjelaskan kepada mereka melalui email. Mereka mengatakan kepada saya untuk berhenti menangis karena saya akan mengambil pinjaman dari perusahaan mereka dan juga membuat pilihan yang tepat dengan menghubungi mereka. Saya telah menyelesaikan formulir pinjaman dan saya telah melakukan semua yang telah saya minta dan saya diberikan sejumlah pinjaman (25,000,00 euro) oleh perusahaan besar ini. Di sini saya bahagia dengan keluarga saya hari ini karena ibu Alicia Radu telah memberi saya pinjaman, jadi saya bersumpah pada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi di internet tentang bagaimana saya menerima pinjaman saya. Saya pikir orang lain juga menjadi saksi dan kreditur yang sama. Apakah Anda memerlukan pinjaman darurat? Mohon dan cepat hubungi ibu melalui e-mail: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (marcudorlca750@gmail.com)

    BalasHapus
  62. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Salam Hormat

    BalasHapus