2.18.2012

Mengetahui Kejelekan-Kejelekan Diri

Rasulullah SAW bersabda : "Apakah Allah menghendaki kebaikan bagi seorang hamba, maka Allah jadikan orang itu menyadari kejelekan2 dirinya".

Untuk mengetahui kejelekan diri adalah dengan duduk dihadapan gurunya dan menjalankan apa yang diperintahkannya. Sekali waktu kejelekannya akan terungkap dan di lain waktu akan terungkap oleh gurunya. Inilah jalan utama, namun sulit untuk diterapkan pada zaman sekarang ini. Cara lain yang bisa ditempuh adalah mencari teman yang shalih serta mengetahui rahasia2 masalah ini. Teman semacam inilah yang dapat dijadikan pengawas atas dirinya dan mengingatkan kejelekan2nya.

Betapa besar jiwa yang ditunjukkan Umar RA dan ia akan berterima kasih, katanya : " semoga Allah merahmati orang yang menunjukkan aku pada kejelekan2ku "

Jika kamu tak menemukan teman yang akan mengingatkanmu,maka dengarkanlah mereka yang dengki kepadamu. Mereka tentu bicara tentang kejelekan2mu, maka ambillah faedah darinya. Jangan marah, juga jangan memusuhinya.

Kejelekan itu bagaikan ular dan kalajengking. Jika di dalam bajumu terdapat ular atau kalajengking yang akan menggigit atau menyengatmu, maka apakah kamu tidak berterima kasih pada orang yang mengingatkanmu? Jika kamu memarahinya, maka ini menunjukkan kelemahan imanmu terhadap akhirat. Namun apabila kamu memanfaatkan,maka bertambahlah kekuatan imanmu.

Jadi..
Jik ada teman baik yang mengingatkan kejelekanmu,bukan karena dia benci kamu, karena tidak lain dia ingin kamu untuk senantiasa memperbaiki kesalahanmu,. Dan bertemanlah dengan orang2 yang shalih dan dapat dipercaya. Karena mereka berteman denganmu didasarkan iman dan taqwanya kepada Allah dan berharap sahabatnya menjadi seseorang yang lebih baik lagi,yang senantiasa menjalankan perintahNYA dan menjauhi segala laranganNYA. Kemudian jika ada teman yang menjelek2anmu jangan kamu marahi, dengarkan semua tentang ketidaksukaannya terhadapmu dan jadikan itu semua bahan intropeksi diri.

Alangkah indahnya hidup ini, jika kita saling mengingatkan satu sama lain disaat kita berbuat kesalahan.,agar kita tidak menyimpang jauh dari ajaran dan syari'at islam.

TEMAN YANG BAIK TIDAK AKAN MENUNTUN TEMANNYA KEDALAM KEMAKSIATAN TETAPI DALAM KEBAIKAN.

sumber : "Ringkasan IHYA' ULUMUDIN (IMAM AL-GHAZALI".. Alih bahasa Ustadz Labib Mz

3 komentar:

  1. Kang Ceceng Rucita tulisannya sungguh bermutu ini menandakan ketinggian ilmu beliau.

    BalasHapus
  2. Situs Judi Sabung Ayam Online SV388 Terlengkap Terbaik Terpercaya - Bandar Taruhan Adu Ayam Online Uang Asli Rupiah Terbesar Permainan Sabung Ayam Online ini begitu gampang di tekuni yang cuma menebak taruhan


    Boss Juga Bisa Kirim Via :
    Wechat : Bolavita
    WA : +6281377055002
    Line : cs_bolavita
    BBM PIN : BOLAVITA ( Huruf Semua )

    BalasHapus
  3. Halo,
    nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat dapat diandalkan yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

    Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

    BalasHapus